Sabtu, 30 Juli 2016

Tugas BP4 Profesi Unik STIE ASIA MALANG

Selain perusahaan–perusahaan besar yang berperan sangat penting untuk perekonomian masyarakat, terdapat profesi-profesi unik yang dilakukan oleh segelintir orang dan jarang orang mampu melakukannya yang juga bisa mengubah kehidupan perekonomiannya sendiri.



Mengawinkan Harimau Sumatera
Sebelum itu, perkenalkan dulu nih pakar bioteknologi reproduksi satwa liar. Dan beliau adalah satu-satunya STUDBOOK Keeper (pengawas penangkaran dan pembuat buku atau pencatat silsilah) Harimau Sumatera sejak tahun 1992.
Beliau tak lain adalah Dr. Drh. Ligaya Ita Tumbelaka, SpMP, MSc.
 
Apa sih tugas dan pentingnya studbook ini??
Tugas dari studbook keeper yaitu menjadi pencatat silsilah yang tentunya tidak gampang lho. Mulai dari mempelajari hewannya, mempelajari beahvior harimau. Dan tentunya hambatan selalu ada seperti harus datang ke lokasi dan memeriksa setiap data harimau Sumatera, harus belajar untuk percaya pada orang lain dan dapat melakukan verifikasi dan validasi. Yang dimulai dengan berkoordinasi dengan seluruh lembaga konservasi dan kebun binatang di seluruh Indonesia.
Studbook ini penting karena merupakan acuan dasar melakukan pelestarian dengan cara yang benar. Dari studbook, setiap pihak dipastikan bisa mengetahui jumlah dan generasi harimau.


Contoh selanjutnya adalaah..


Menyulap bemo menjadi perpustakaan dan bioskop
Naah, profesi unik yang satu ini tengan digandrungi oleh bapak Sutikno Kenong selama kurang lebih 30 tahun yang pekerjaan setiap harinya adalah seorang supir bemo.
Saat pagi beliau menggunakan bemonya sebagai angkutan umum. 

Siang sampai sore hari, pak Sutikno memanfaatkan bemonya untuk kegiatan sosial perpustakaan keliling dari sekolah ke sekolah yang berisi buku edukasi.

 

Dan pada malam hari, dengan bantuan peralatan seadanya (pengeras suara, projektor, layar) pak Sutikno mampu menyulap bemonya menjadi sebuah bioskop umum yang bisa dinikmati siapapun dengan tujuan memberikan kesempatan kepada anak-anak yang belum mampu menonton bioskop.

 
Semua yang dilakukan pak Sutikno diatas, bersifat gratissss tanpa dipungut biaya guys. Yang mau ikutan nonton bareng pak Sutikno, silahkan datang aja langsung ke daerah Wilangan karet Jakarta Selatan:D . jangan salah guys, walau beliau menjalankan profesi unik di atas beliau juga mampu menghidupi 7 anaknya juga. Hebat banget!!
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar